Minggu, 04 September 2011

Evaluasi IMK dari website lokal

Interaksi Manusia dan Komputer adalah suatu konsep mengenai bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasi suatu sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk mengulas IMK dari suatu website. Poin yang saya ulas adalah dari segi desain.
Website yang menjadi objek ulasan saya adalah "www.detik.com".
Berikut adalah ulasannya


Pada menu website, web ini menggunakan paduan warna-warna yang kurang pas sehingga menimbulkan efek yang terlalu "ramai" yang menyebabkan pembaca seakan terganggu dalam segi pewarnaan.
Alangkah lebih baik jika warnanya disamakan atau warnanya dibedakan efek kecerahannya sehingga tidak menimbulkan efek "ramai" tadi.
Walaupun berkesan agak monoton tapi setidaknya menghilangkan ketidaknyamanan pembaca.

Untuk yang ini, link2 headline terlalu singkat dan seakan kurang "bermakna" jika hanya berupa kalimat2 judul. Sebaiknya dilengkapi dengan kalimat2 inti dr berita dan diberikan semacam foto untuk lebih menarik pembaca. Untuk tata letak pun sebaiknya dibuat menjadi 1 baris memanjang atau dibuat 3 kolom, jangan menjadi banyak kotak2 kecil. Terakhir untuk judul index seharusnya bisa lebih besar lagi font tulisannya agar lebih menunjukkan identitas dari beritanya.



Pada menu berita sebelumnya terdapat 3 kekurangan yaitu struktur penulisan , tata letak dan tekstur pewarnaan. Untuk struktur penulisan, sama seperti komentar sebelumnya, seharusnya jangan berupa kalimat2 judul saja, alangkah lebih baik jika diberikan foto dan kalimat2 inti.
Dari segi tata letak disini terlihat "bertumpuk", seharusnya bisa di sesuaikan dengan bentuk2 yang lebih elegan seperti foto yg bisa di scroll atau foto yang bisa ter"expand. Untuk pewarnaan box pun seharusnya bisa menyesuaikan dengan background dan jangan terlalu kontras.

Itulah ulasan tentang IMK dari "www.detik.com". Dari segi tampilan dan penglihatan dari seorang pembaca, website ini sudah bagus hanya saja butuh banyak perbaikan terutama dari tekstur warna dan tata letak yang sedap untuk dipandang.

Walaupun hanya poin "desain" yang dibahas semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca dan bagi saya pribadi. Ini baru awalan dari saya untuk mempelajari matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Sekian dan terima kasih.
Ditunggu komentarnya ya..

6 komentar:

  1. Tampilannya ramai, mungkin karena ini situs berita. Ada beberapa warna yang kurang pas. Seharusnya lebih banyak menggunakan animasi untuk menghemat tempat. Sepertinya user harus lebih teliti dalam melihat berita-berita yang ada karena banyaknya pilihan yang tersedia dalam satu tampilan.

    BalasHapus
  2. setuju sekali dengan bung ari.

    web ini menurut saya, memang agak "riweuh" tampilannya". walaupun berita yang disajikan up-to-date, namun apabila tampilan websitenya seperti itu, pembaca jadi kesulihatan.
    dari segi warna, sekali lagi saya setuju dengan bung ari. terlalu banyak warna membuat pembaca tidak nyaman.
    dari segi tataletak juga seperti itu. terkesan berantakan.

    BalasHapus
  3. Kalo menurut saya, situs ini merupakan media elektronik yang masih ketergantungan dengan desain penempatan kolom media cetak (koran). Dibuat begitu supaya seolah-olah pengguna/pembaca merasa seperti berhadapan dengan sebuah koran.
    Untuk warna..... rada nyentrik, lebih baik hitam putih seperti koran aja kali yaa.

    BalasHapus
  4. saya setuju dengan ulasan sang empunya blog ini.
    Pertama kali memasuki web tersebut. butuh waktu yang agak lama untuk beradaptasi dengan warna yang tidak balance. Dan warna latar yang dipakai juga cenderung membuat warna2 isi tidak fokus.

    Selain itu, tata letak elemen-elemen web tidak proposional. Dan mungkin sebaiknya untuk menu2 yang ada di kelompokkan, tidak terpisah letaknya di atas dan di bawah. Agar memudahkan pembaca mengakses. Dan kolom iklan juga mungkin di kelompokan. Dan banyak lagi posisi-posisi yang membingungkan user sehingga membuat user terlalu banyak bertanya dan berpikir sehingga tidak menikmati interface yang tersedia. Akibatnya user mengurungkan niat mendapatkan informasi dari web tersebut.

    BalasHapus
  5. Menurut saya situs tersebut menggunakan kombinasi warna yang kurang bagus. Bisa dibilang terlalu memaksa. Layoutnya juga agak acak-acakan. Padahal sebenarnya situs ini sangat bermanfaat tapi dengan interface seperti itu bisa menyebabkan kurang diminati pengguna internet.

    BalasHapus
  6. Setuju.
    Penggunaan warna yang cenderung gelap menjadikan berita ter-update yang disajikannya menjadi enggan untuk diakses. Layout yang tidak tepat membuat user bingung dalam memilih berita. Namun, dari segi informasi situs ini bisa sangat update.

    BalasHapus